article-image

Sumber Gambar: Jecapix from Getty Images Pro

Baca Juga

Pemangkasan adalah rangkaian kegiatan pemeliharaan tanaman dengan cara mengurangi bagian dari organ tanaman berupa tunas, cabang, ranting, dan daun.

Tujuan dari pemangkasan adalah untuk mengurangi risiko serangan hama dan penyakit pada tanaman. Pemangkasan juga ditujukan untuk merangsang pertumbuhan tanaman sehingga jumlah percabangan semakin banyak. Dengan demikian, batang tanaman akan semakin kokoh. Manfaat lain dari kegiatan pemangkasan adalah akan membuka akses penyinaran matahari ke seluruh tubuh tanaman. Proses fotosintesis oleh tanaman akan menjadi lebih optimal karena hal ini. Prose pembungaan dan pembuahan juga dapat dirangsang melalui kegiatan pemangkasan. Pemangkasan akan memicu perkembangan organ generatif seperti bunga dan buah dan menghalangi pertumbuhan daun. Berikut adalah jenis-jenis dari kegiatan pemangkasan pada tanaman budidaya.

Pemangkasan Pucuk

Pucuk yang terlalu banyak akan menyebabkan persaingan penggunaan hasil fotosintesis antara daun dan buah. Maka dari itu, pemangkasan pucuk dilakukan agar hasil fotosintesis dapat tersebar merata secara optimal. Pada prinsipnya, tunas apikal atau tunas yang tumbuh di pucuk batang tanaman dihilangkan. Hal ini dilakukan untuk membatasi produksi hormon auksin dan giberelin pada tanaman. Hormon-hormon tersebut memacu pertumbuhan bagian atas tanaman yang lebih cepat dibandingkan pertumbuhan cabangnya. Dengan terhambatnya produksi hormon itu, pertumbuhan tanaman cenderung terjadi ke samping alias membentuk cabang dan kanopi.

Pemangkasan Bentuk

Tanaman sering kali tumbuh tidak beraturan sehingga dapat mengganggu akses lahan penanaman. Pemangkasan bentuk dilakukan untuk membentuk kerangka tanaman yang diinginkan. Pemangkasan ini bertujuan untuk mengatur arah penyebaran percabangan. Dengan demikian, produktivitas tanaman pun dapat turut terkontrol. Pemangkasan bentuk juga menyebabkan pertumbuhan batang dan cabang yang lebih kuat.

Pemangkasan Pemeliharaan

Setelah dilakukan pemangkasan bentuk, dilanjutkan pemangkasan untuk pemeliharaan tanaman. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan dan memelihara bentuk tanaman. Pemangkasan pemeliharaan juga ditujukan untuk membuang percabangan yang terserang hama dan penyakit. Cabang-cabang ini akan kurang produktif sehingga perlu dipangkas. Dengan demikian, hasil fotosintesis dapat lebih menyebar dengan baik pada batang-batang produktif.

Pemangkasan Peremajaan

Peremajaan tanaman sangat diperlukan untuk menjaga produktivitas. Kegiatan ini dilakukan melalui pemangkasan. Pemangkasan sendiri merupakan penggantian tajuk tanaman lama atau tua dengan yang baru dan masih produktif. Pemangkasan dilakukan dengan menebang pohon, mengurangi percabangan, atau merobohkan pohon. Peremajaan ini biasanya dilakukan apabila minimum 50% tanaman di kebun atau lahan sudah rusak atau tua. Selain pemangkasan, beberapa kegiatan juga perlu dilakukan selama aktivitas budidaya tanaman. Penyiraman, pemberian pupuk, penyiangan adalah beberapa aktivitas perawatan yang perlu dilakukan. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan perawatan untuk tanaman-tanaman tertentu dapat diakses melalui Aplikasi Dokter Tania.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi